Sunday 17 August 2014

Happy Independence Day, INDONESIA!


Nggak kerasa, udah 69 tahun berlalu sejak Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Nggak kerasa juga, udah 7 kali aku ikut upacara 17-an. Sangat tidak menakjubkan, bukan? Mungkin aku bisa dibilang beruntung bisa hidup selama 17 tahun di Indonesia tanpa pernah merasakan penjajahan. Tapi, kadang aku juga mikir, apa setelah merdeka Indonesia bener-bener bahagia? Meskipun udah nggak ada lagi tentara-tentara asing yang jalan-jalan sambil bawa senapan, apakah Indonesia udah bener-bener merdeka?

Semua orang juga tahu kalo Indonesia punya banyak banget masalah yang belum ditemukan jalan keluarnya. Mulai dari kemiskinan, bencana alam, sampe pemerintah yang gak bosen-bosen korupsi. Apa 69 tahun dan 6 presiden kurang? Pendapatku mungkin gila dan sotoy, tapi aku rasa lebih baik Indonesia dijajah lagi aja. Buktinya, waktu dijajah sama Inggris, rakyat Indonesia nggak sengsara-sengsara banget kan? Malah tambah maju. Emang semua orang pasti menginginkan kemerdekaan, tapi apa salahnya dijajah jika itu demi kebahagiaan Indonesia?

Itu semua cuma opiniku, aku nggak maksa kalian untuk menerima. Lagian, bukan itu yang pingin aku bahas di posting kali ini :p Sebenernya, aku menulis posting ini untuk memotivasi kalian (cie). Indonesia udah merdeka, walaupun kenyataannya masih "dijajah" oleh rakyatnya sendiri. Gimana dengan kalian? Apa kalian udah lepas dari penjajahan mantan? Kalo kalian males ato susah lepas, mungkin momen perayaan kemerdekaan ini bisa kalian gunakan sebagai momen kemerdekaan diri kalian. Bukan berarti kalian harus memberontak, keluar dari rumah, dan jadi backpacker gitu. Paling nggak, kalian udah bisa mandiri. Harus bisa mikir, kalian itu sekolah, mau gak mau harus belajar. Jangan main terus, pacaran terus. Kalian juga nggak usah galau-galauan lagi. Apalagi kalo galaunya sampe bikin kalian males ngapa-ngapain. Inget juga, masa depan Indonesia tergantung pada generasi mudanya. Kalo sekarang aja kalian nggak bisa "merdeka", gimana kalian bisa membuat Indonesia bener-bener merdeka?

Untuk mengakhiri posting yang sedikit ambigu ini, sekali lagi aku ucapkan, HAPPY INDEPENDENCE DAY, MY BELOVED COUNTRY, INDONESIA! I LOVE YOU SO MUCH!!
Dan buat kalian-kalian yang baca posting ini, BE INDEPENDENT! ;)

No comments:

Post a Comment