Friday 3 October 2014

Beasiswa

Oke, sebelum aku dianggap PHP, aku mau menekankan bahwa posting ini BUKANLAH posting tentang CARA MENDAPATKAN BEASISWA! Aku aja pingin dapet beasiswa gak dapet-dapet, kok mau ngasih tips (hiks). Jadi, bagi yang mengharapkan tips-tips biar bisa dapet beasiswa, silahkan kecewa.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, beasiswa adalah tunjangan yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa sebagai bantuan biaya belajar. Beasiswa ini ada macem-macem bentuknya, yang paling populer adalah beasiswa akademik, non-akademik, dan finansial. Seperti definisinya, beasiswa adalah bantuan keuangan. Jadi secara tidak langsung, beasiswa seharusnya diberikan oleh anak dengan keadaan finansial yang kurang memadai.

Misalnya, si Bunga pinter menggambar. Karya-karyanya sering banget menang di lomba-lomba mulai tingkat RT sampe tingkat nasional. Tapi, sekarang Bunga lagi galau. Temen-temennya udah pada sibuk daftar universitas, sedangkan dia masih bingung mau kuliah di mana. Sebenernya dia pingin masuk jurusan fashion design. Kalian tau sendiri lah, kalo masuk jurusan fashion design itu pasti mahal banget biaya kuliahnya. Meskipun orang tua Bunga sebenernya berkecukupan, tetep aja mereka ga punya uang cukup buat nguliahin Bunga di sekolah fashion yang bagus. Suatu hari, dia baca sebuah poster di jalan tentang beasiswa kuliah fashion di Paris. Untung aja Bunga punya banyak prestasi. Akhirnya, Bunga apply beasiswa itu dan puji Tuhan keterima! Terima kasih klinik Tong Fang :D (lho) Sori jayus. Intinya, kalo mau dapet beasiswa harus berprestasi.

Masalahnya sekarang, mulai banyak orang yang memang berprestasi tapi nggak pantes dapet beasiswa. Kok bisa? Karena mereka udah kaya. Namanya beasiswa kan bantuan keuangan. Ngapain minta bantuan keuangan kalo orang tua mereka malah butuh bantuan buat buang uang? Kasian anak yang prestasinya kalah banyak sama anak orang kaya. Padahal mereka udah ngarep banget bisa sekolah di universitas bagus, eh kesempatannya diambil sama orang yang pingin dapet beasiswa cuma karena gengsi. Emang keren sih dapet beasiswa, berasa pinter banget gitu. Tapi apa kalian nggak mikirin nasib anak yang uangnya ga sebanyak kalian?

Tenang aja, sekarang ini banyak universitas yang juga memperhitungkan kondisi keuangan orang tua. Jadi bagi kalian yang takut kalah bersaing sama anak orang kaya, ga usah terlalu khawatir, peluang kalian sama kok ;) Itu aja curhat singkatku kali ini. Gimana dengan kalian? Pernah ngerasain hal kayak gini juga? Ato punya cerita nyebelin lainnya berkaitan dengan beasiswa? Yang pasti, jangan pernah takut buat apply beasiswa. Ga ada salahnya mencoba kan? Siapa tahu anda cukup beruntung. Selamat berjuang untuk masa depan yang lebih cerah! :D


No comments:

Post a Comment