Thursday 9 October 2014

IPA vs IPS (dan Bahasa)


Kalian yang udah SMA pasti tahu kan permusuhan antara jurusan IPA dan IPS? Entah dari jaman kapan, yang pasti sampe sekarang yang namanya anak IPA dan IPS itu nggak pernah akur. Ada aja yang dijadin bahan ejekan. Anak IPS pasti bilang, “Kita ini anak IPS calon-calon bos. Kalo anak IPA cuma bisa jadi bawahan kita!” Kemudian anak IPA yang ga terima bales, “Anak IPS kalo ga ada anak IPA ga bisa apa-apa. Bayangin pabrik kalo ga ada teknisi, pasti tutup! Kalo anak IPA buka apotek sendiri juga bisa, ga butuh anak IPS!”

Anak Bahasa ke mana?
Di mana-mana yang terkenal itu persaingan antara IPA dan IPS. Ga ada yang pernah bilang permusuhan antara anak IPA dan Bahasa ato IPS dan Bahasa. Lalu selama ini anak Bahasa mendukung pihak yang mana? Berdasarkan penelitian yang aku lakukan (dalam mimpi), anak Bahasa seringnya jadi orang ketiga. Mereka adalah pihak netral, sekaligus penonton setia. Hal ini disebabkan karena dulu masih belum ada jurusan Bahasa. Waktu leluhur kita memulai persaingan antara jurusan IPA sama IPS, jurusan Bahasa masih belum diciptakan di Indonesia. Makanya, anak Bahasa biasanya ga ikut-ikutan persaingan ini. Tapi hal itu tidak bertahan lama. Entah karena anak IPS jiwa sosialnya tinggi ato mereka takut kalah jumlah sama anak IPA, mereka pun merekrut anak Bahasa ke dalam geng-nya. Jadilah di abad ke-20 ini, persaingan nggak lagi antara IPA dan IPS, tapi antara IPA melawan IPS dan Bahasa. Nggak adil? Biasa. Dunia ini memang tidak adil.

Siapa yang mulai duluan?
Sayangnya aku ga punya mesin waktu dan ga punya kemampuan time travel, jadi aku ga bisa nyari informasi ke masa lalu tentang siapa yang memulai persaingan sengit ini. Tapi berdasarkan pengamatanku selama ini, seringnya sih anak-anak IPS yang mulai. Aku sama sekali nggak bermaksud ngejelek-jelekin anak IPS. Mungkin ini cuma terjadi di sekolahku. Biasanya anak IPS yang mulai ngompor-ngomporin. Misalnya waktu anak IPA ngelawan anak IPS main basket pas ada class meeting. Kalo anak IPA ngelakuin pelanggaran dikit aja, pasti pendukung tim IPS bakal ngatain anak IPA habis-habisan. Sedangkan anak IPA? Anak IPS mau ngapain aja, mereka cuma bisa pasrah.
Emang sih, anak-anak IPS jauh lebih rame daripada anak IPA. Mungkin sifat itu yang bikin anak IPS suka mulai cari gara-gara duluan. Habisnya mereka kalo ada masalah pasti langsung diceritain ke semua orang. Sementara anak IPA yang lebih diem, pasti disimpen sendiri-sendiri. Cuma bisa ngomel-ngomel dalam hati.

Lalu siapa yang menang?
Sampe sekarang, masih belum bisa ditentuin pemenang lomba ini siapa. Anak IPA pasti bilangnya IPA menang lawan IPS dan Bahasa. Mereka ngerasa dengan jadi anak IPA berarti mereka secara umum lebih pinter. Kalo milih jurusan pas kuliah, anak IPA juga bisa masuk ke semua jurusan. Itu mungkin yang mendasari anak-anak IPA suka agak sombong. Begitu juga sebaliknya, anak IPS dan Bahasa pasti ngerasa kalo mereka menang ngelawan IPA. Bagi mereka, jiwa sosial adalah yang terpenting. Dalam dunia kerja, kemampuan sosial lebih penting daripada intelektual. Bener juga sih. Tapi tetep aja, dengan kemampuan intelektual pas-pasan, kalian ga akan bisa diterima di perusahaan besar.

Kesimpulannya, meskipun pertandingan ini telah terjadi selama berpuluh-puluh tahun, masih belum bisa ditentuin juga pemenangnya. Karena ternyata masing-masing jurusan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anak IPA emang pinter, tapi kebanyakan dari mereka ga pinter ngomong. Sedangkan anak IPS dan Bahasa mungkin nggak sejago anak IPA dalam pelajaran eksak, tapi mereka jago banget ngomong dan super PD. Maka dari itu, pertandingan antara IPA vs IPS dan Bahasa diputuskan SERI!

So, buat kalian yang udah SMA, jurusan apapun kalian, jangan pernah ngejek-ngejek jurusan lain. Seperti manusia, jurusan pun tidak ada yang sempurna (cie). Semoga pertarungan antara IPA, IPS, dan Bahasa ini bisa cepet berakhir ya :”) 

No comments:

Post a Comment