Wednesday 4 July 2018

Life as A Mathematician

Hai! Perkenalkan, aku penulis blog ini dan aku adalah seorang mahasiswa jurusan Matematika Terapan di sebuah universitas swasta di Tangerang. Meskipun aku yakin pasti udah banyak dari kalian yang tahu mengenai 'trend' jurusan Matematika, tapi sampai sekarang pun masih ga jarang orang yang begitu tahu aku anak Matematika pasti nanya "Oh mau jadi guru/dosen ya?". Oke om/tante/kakak/adik, aku gamau jadi guru ato dosen ato guru les. Supaya kalian dapet gambaran sedikit soal jurusanku, silakan klik di sini.

Jadi sekarang udah tahu kan kalo anak Matematika ga cuma bisa jadi guru? Aku memutuskan buat berbagi pengalaman soal kehidupan perkuliahanku karena aku udah memasuki taun (hampir) terakhir kuliah jadi aku ngerasa udah cukup bisa diandalkan HEHE. Ngga sih. Sebenernya karena baru ada keinginan buat nulis sekarang aja. Lupakan alesan aku mau sharing karena itu ga terlalu penting dan lebih baik kita langsung masuk ke pokok pembicaraan.

1. Kenapa pilih jurusan Matematika? Suka hitung-hitungan ya?
Bener, Matematika adalah salah satu pelajaran favorit aku pas sekolah karena aku biasanya dapet nilai bagus di situ. Tapi, sebenernya aku suka banget Biologi dan sempet kepikiran masuk jurusan Bioteknologi. Cuma begitu merasakan pahitnya pelajaran Biologi SMA, impian itupun kandas. Akhirnya, aku mutusin buat masuk Matematika karena waktu itu lagi booming aktuaria dan harusnya di jurusan ini ga ada Fisika lah ya (tapi bohong).

2. Jurusan Matematika susah ngga? Pasti bosen ya tiap hari ketemu angka?
Seiring dengan bertambah lamanya kamu kuliah Matematika, kamu bakal ngerasa bersyukur banget kalo bisa ketemu lebih banyak angka dibanding huruf (if you know what I mean). Atau kalo mau pake bahasa awam, SUSAH BANGET LAH GILA YA. Bukan susah ngitung, bukan susah nyederhanain aljabar, tapi susahnya udah sesusah ngertiin pacar kamu. Saran aku, jangan masuk jurusan ini cuma karena iming-iming gaji gede. Kalo kalian ga punya ketekunan lebih dan mental yang kuat, mending cari jurusan lain aja :)

3. Belajar apa aja di jurusan Matematika?
Kalo kata dosen aku, belajar pake keringat dan darah buat nyelesain soal.
Well, ngga se-ekstrem itu juga sih. Di tahun pertama kalian bakal belajar 'hitung-hitungan' kaya kalkulus, aljabar linier, logika, sama sedikit pengantar untuk software matematika. Memasuki tahun kedua, ini adalah masa di mana angka semakin jarang ditemui. Sebagian besar mata kuliah tahun ini akan melibatkan pembuktian, teorema, definisi, dkk. Misalnya, ada namanya mata kuliah Analisis Real di mana kamu disuruh buktiin kenapa 1-1=0. Mantap bukan. Ada juga mata kuliah Persamaan Diferensial Biasa dan Metode Matematika yang kamu ngitung huruf terus tiba-tiba bisa berubah jadi angka. Bingung? Buktikan sendiri di jurusan Matematika ;). Di tahun ketiga atau tahun terakhir, kalau di universitas aku biasanya lebih ke mata kuliah peminatan. Kurang lebih sama kaya tahun kedua, cuma 5x lebih susah aja. Biasanya di tahun-tahun ini skill bertahan hidup kalian udah cukup terasah biar bisa 'lolos'.

4. Bener ga kalo lulusan Matematika gajinya tinggi?
Maybe yes. Maybe no. Gatau karena aku belom kerja. Tapi yang pasti, kalo kamu kuliah cuma karena pengen dapet gaji tinggi, ujung-ujungnya pasti bakal kecewa. Dunia ini keras guys. Mungkin memang lulusan Matematika gajinya di atas rata-rata, tapi ya bukan berarti pertama kali kerja langsung digaji 20jt kan? Jurusan apapun, asal kamu niat waktu kuliah, pasti nanti kerjanya juga digaji sesuai dengan usaha kamu. Jadi, biar kamu dapet gaji tinggi dengan masuk jurusan Matematika, pastiin IPK kamu tinggi atau lulus ujian sertifikasi sebanyak mungkin.

5. Gimana cara bertahan di jurusan Matematika?
Ngga terlalu beda sama jurusan lain sih. Asal kamu tekun dan pantang menyerah pasti bisa lulus kok. Kamu nggak terlalu pinter? No problem. Kamu males? Masih bisa. Kamu nggak pinter dan males? Percayalah mujizat itu ada. Kalo mau dirangkum, kurang lebih ini tips buat bertahan di jurusan Matematika (bisa diaplikasikan untuk semua jurusan):
  • Banyak doa (karena Tuhan yang ngatur semuanya)
  • Baik-baik sama dosen (karena dosen satu level di bawah Tuhan)
  • Banyak belajar/latihan soal (abaikan kalo kamu orangnya males)
  • Banyak bergaul (biar gampang dapet pinjeman catetan/contekan--> TIDAK DISARANKAN)
  • Ikut organisasi (biar ada nilai plus kalo IPK kamu jelek)

6. Nyesel ga masuk jurusan Matematika?
Tentu saja tidak. Ini 100% jujur kok, percayalah. Meskipun ada masanya aku mikir kalo aku salah jurusan, apalagi pas dapet mata kuliah yang abstrak dengan dosen lebih abstrak, tapi tetep aja aku ga bisa ngebayangin gimana kalo aku masuk jurusan lain. Bahkan aku bersyukur banget akhirnya milih Matematika dibanding Bioteknologi karena di jurusan ini ga ada yang namanya lab dan bikin laporan tiap minggu. Bisa dibilang jurusan Matematika itu kaya SMA cuma pelajarannya 1.000x lebih sulit aja :). Gimana ngga? Kerjaannya cuma dateng kelas, ngerjain PR, ngerjain kuis, latihan soal, gitu-gitu aja sampe lulus. Bikin makalah juga hampir ngga pernah kecuali buat mata kuliah umum. Modal cuma butuh alat tulis (bisa minjem), buku/kertas (bisa minta temen), laptop (bisa minjem juga sih...), sama akal sehat (YANG INI HARUS PUNYA). Mana mungkin nyesel, kan?

7. Pesan buat anak yang mau masuk Matematika?
Sebenernya Matematika itu ngga sulit kok. Cuma butuh rajin, tekun, sama pinter dikit.
Dosen-dosen aku selalu bilang, kunci supaya bisa bertahan di jurusan ini ya cuma rajin-rajin latihan soal aja. Kalo mau lebih rajin lagi, baca buku atau cari bahan di Internet. Tapi, kalo kamu udah punya dasar rasa suka sama Matematika atau paling ngga nilai Matematika kamu selama sekolah bagus, itu udah cukup. Dan prospek jurusan ini bisa dibilang masih bagus kok. Ngga cuma aktuari aja, ada juga profesi data scientist atau data analyst yang sekarang banyak dicari dan itu semua dasarnya juga Matematika. Intinya, jangan ragu buat masuk jurusan Matematika dan jangan takut!

No comments:

Post a Comment